Arti Nama, Logo & Warna Mainloka Indonesia

JAKARTA – Mainloka.com | Kali aja ada yang nanyain arti nama Mainloka Indonesia itu apa, kalau alasan memilih nama ini sudah saya ceritakan di blog sebelumnya.

Mainloka adalah gabungan dari 2 kata, yaitu Main dan Loka. Main disini bisa berarti main dalam bahasa Indonesa atau bermain, bisa juga dalam bahasa Inggris yang berarti utama. Sedangkan Loka ada singkatan dari Lokasi, atau suatu area/lingkungan.

Jadi kalau diartikan, Mainloka adalah Tempat Bermain atau Tempat yang Utama. Sedangkan Indonesia tentu saja nama negara kita, kali aja nanti negara lain mau adopsi konsep pergerakan nya Mainloka, tinggal ganti nama belakangnya dengan nama negara mereka. ^_^ AAAMIIIN.

Pemilihan nama loka juga nanti bisa digunakan untuk penamaan komunitas mainloka yang tumbuh di kota-kota yang ada di negara ini, Misal Loka Surabaya, Loka Yogya, Loka Solo, Loka Palu, Loka Aceh, Loka Maumere, dll. Loka ini kalau komunitas lain nyebutnya sebagai Regional atau Chapter, kita pakai Loka saja. Biar Beda.

3 Objek utama dalam pergerakan Mainloka ini adalah Relawan, Board Games, dan SDGs. 3 hal ini adalah intisari dari pergerakan ReplayID sebelumnya, disebutkan langsung biar lebih cepat paham. Saya bahas dari yang paling belakang ya.

SDGs (Sustainable Development Goals)
merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.
(Sumber: sdg2030indonesia.org)

Kalau kita ingin berbuat sesuatu untuk Indonesia, kita bisa memilih salah satu atau beberapa goals yang ada di SDGs ini. Pelajari Goals nya, cari tahu apa yang dapat kita lakukan untuk mencapai goals itu.

Area untuk mewujudkan satu Goals mungkin terlalu besar, kita bisa kecilkan areanya dilingkungan kita tinggal dan beraktifitas. Sekecil apapun upaya yang kita lakukan, tapi itu dilakukan oleh banyak orang yang mungkin tergerak karena kita, dampaknya akan besar juga.

Cara untuk mewujudkan Goals itu banyak jalannya, salah satu jalan yang dipilih oleh Mainloka adalah edukasi itu kepada orang-orang disekitar kita dengan menggunakan media Board Games.

BOARD GAMES
Target utama Mainloka adalah anak-anak muda, pendekatannya untuk mengedukasi mereka akan berat kalau menggunakan cara yang lama seperti Penyuluhan atau seminar. Apalagi kalau yang diberikan hanya teori-teori yang membosankan, mereka yang diarahkan untuk datang hanya akan hadir badan saja, tetapi pikirannya kemana-mana.

Berbeda kalau mereka diajak bermain, mereka akan lebih tertarik bermain dibanding hanya melihat orang berbicara tanpa ada aktifitas.

Ketika mereka sudah tertarik ingin bermain, berarti sebagian besar dari mereka ingin tau caranya untuk menang. Mereka akan mendengarkan game masternya (yang ngajarin main) saat menceritakan tentang gamenya dan cara bermainnya sampai akhir.

Edukasi yang ingin disampaikan, sudah bisa mulai dimasukkan mulai dari awal menjelaskan sampai akhir permainan selesai. Bahkan ditengah permainan atau diakhir permainan, mereka yang penasaran akan bertanya tentang topik-topik bahasan yang ada dalam permainan itu.

Jika diskusi itu terjadi antara pemain dan game masternya, mereka sudah sangat siap untuk menerima edukasi yang lebih banyak. Harapannya setelah mereka akan aktif mencari tau sendiri info yang lain dengan bantuan internet.

RELAWAN (Kawan Main)
Adalah ujung tombak setiap pergerakan sosial, termasuk juga di Mainloka. Mereka termasuk saya dan mungkin kawan-kawan yang baca ini, akan menjadi Game Master dari Board Games yang dipublish oleh Mainloka.

Tugas utama Relawan hanya 2, yaitu Belajar dan Bermain.

Belajar semua edukasi yang ingin disampaikan oleh gamenya.
Belajar bagaimana menyampaikan itu dengan baik.
Belajar bagaimana cara bermain gamenya.
Belajar bagaimana cara menjadi Game Master yang baik.
lalu Ajak Bermain orang sebanyak-banyaknya.

Kalau masih sekolah atau kuliah, bisa ngajak temen-temen sekolah atau kampusnya untuk bermain.

Kalau aktif di komunitas, bisa ngajak temen-temen komunitasnya Bermain.

Kalau kawan-kawan suka nyari teman baru, bisa ngajak main orang-orang yang belum dikenal untuk bermain. Siapa tau jodoh, iya kan? X)

Kita lakukan semua itu dengan cara yang menyenangkan.

Maka dari itu saya menyebut para relawan ini adalah Kawan Main.

Arti Logo Mainloka
Itu ceritanya permainan bola bekel zaman dulu, mungkin sekarang masih ada yang mainin.
Bulatan atas itu bola bekelnya, yang bagian bawahnya itu adalah biji bekel nya. Buat yang berlum pernah tau apa itu permainan bola bekel, googling aja. banyak tuh gambarnya.

Selain berarti biji bekel, bagian bawahnya itu juga melambangkan infinity. Dengan harapan mainloka ini umurnya panjang.

Permainan Bola Bekel ini termasuk dalam TableTop Games, seperti halnya Board Games atau Card Games.

Warna Ungu,
warna ini tersambung dengan pikiran dan imajinasi seseorang. Disebut sebagai warna mewah, keagungan dan kebijaksanaan. Sejak jaman dahulu, warna ini terkait dengan nuansa kerajaan. Warna ungu mampu memberi pemikiran atau penggambaran pada benak kita akan sesuatu yang bersifat kesenangan dan kemewahan hidup.
(Sumber: Goodmind)

Mohon dukungannya ya Kawan Main.

Ferdian Kelana
Inisiator Mainloka Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *